Tingkatkan Kapasitas UMKM, PIP Jalin Kerja Sama dengan Universitas Bengkulu

    Tingkatkan Kapasitas UMKM, PIP Jalin Kerja Sama dengan Universitas Bengkulu
    Ismed, Dirut PIP bersama KaKanwil DJPB Provinsi Bengkulu dan jajaran Pimpinan Universitas Bengkulu

    Bengkulu - Pusat Investasi Pemerintah (PIP) dan Universitas Bengkulu (UNIB) menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) untuk meningkatkan sinergi antara program pembiayaan Ultra Mikro (UMi) dan pemberdayaan UMKM di Provinsi Bengkulu. Penandatanganan ini dilakukan di Ruang Rapat Pimpinan, Gedung Rektorat UNIB pada tanggal 27 Februari 2024.

    Kerja sama ini bertujuan untuk mendukung visi dan misi PIP dalam perluasan penyaluran pembiayaan UMi melalui penguatan tridarma Perguruan Tinggi. Direktur Utama PIP, Ismed Saputra, menjelaskan bahwa dukungan Perguruan Tinggi masih sangat potensial untuk dikembangkan melalui berbagai sinergi program dengan PIP.

    "Program Universitas, seperti Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang memberikan pengalaman belajar langsung di masyarakat untuk mengenal potensi masyarakat sasaran dan memecahkan permasalahan dapat disinergikan dengan tujuan PIP yaitu menjangkau para pelaku usaha yang belum tersentuh, " ujar Ismed.

    Sinergi program UMi dengan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) juga dapat menjadi ruang pembelajaran dan menumbuhkan semangat kewirausahaan bagi mahasiswa/i UNIB. Selain itu, program inkubasi usaha yang dimiliki oleh UNIB dipandang mampu menjadi sarana pengembangan usaha baik dari sisi legalitas, peningkatan kualitas produk, hingga pemasaran pelaku usaha mikro di Bengkulu.

    Hingga akhir Februari 2024, program Pembiayaan UMi telah menjangkau 9, 62 juta pelaku usaha UMi dengan total penyaluran sejumlah Rp 35, 71 triliun. Di wilayah Bengkulu sendiri, penyaluran UMi telah mencapai Rp 227, 9 miliar dengan jumlah 54.280 debitur UMi.

    Rektor UNIB, Dr. Retno Agustina Ekaputri, S.E., M.Sc., menyampaikan apresiasinya kepada PIP atas sinergi yang telah dijalin. UNIB siap melaksanakan program sinergi bersama PIP dalam rangka mendukung perluasan ekosistem Ultra Mikro (UMi) di Provinsi Bengkulu.

    "Kerja sama ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas UMKM di Bengkulu, sehingga mampu meningkatkan daya saing dan mendorong pertumbuhan ekonomi daerah, " kata Retno.

    umkm pip pembiayaanumi ultra mikro pembiayaanultramikro kampus mahasiswa inkubator pelatihan pelatihanumkm
    investment

    investment

    Artikel Sebelumnya

    Jon A. Masli: Hak Angket Mengubah Pola Pemerintahan...

    Artikel Berikutnya

    Kemenag dan Lembaga Mitra Bahas Dana Hibah...

    Berita terkait

    Rekomendasi berita

    LBH Masyarakat Minangkabau Hadir di Kota Padang untuk Bantuan Hukum Masyarakat Miskin 
    Saiful Chaniago: Ekonomi Sebagai Pilar Kebangkitan Nasional Indonesia Emas
    Keuskupan Denpasar Apresiasi Polri Berhasil Amankan World Water Forum
    Babinsa Bakas Komsos dengan Perangkat Desa
    Samsat Tabanan Mendapatkan Apresiasi Dari Lembaga Dan Berbagai Pihak 

    Follow Us

    Random

    Tags

    Voting Poll